5 Destinasi Wisata Kulineran di Indonesia yang Harus Dicoba

5 Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia menawarkan kekayaan kuliner yang melimpah. Makanan Indonesia telah menjadi populer di luar negeri berkat keunikan bumbunya. Gastronomi di Indonesia menjadi daya tarik utama di berbagai daerah dan menjadi ikon rekreasi menarik bagi wisatawan lokal dan internasional. Berbagai kota di Indonesia menawarkan keindahan alam dan kuliner khas, seperti Yogyakarta dengan gudegnya atau Bali dengan sate lilitnya.

Ini menunjukkan betapa pentingnya kuliner sebagai bagian integral dari pengalaman wisata yang memikat dan mengesankan.

1. Kampung Wijilan, Yogyakarta

Kawasan yang sama dengan gudeg terletak di Jalan Wijilan, yang juga dikenal sebagai kawasan populer dan bersejarah. tepatnya, kawasan ini terletak di sebelah Plengkung Tarunasura Selatan atau yang dikenal dengan Plengkung Wijilan, di sebelah timur Alun-Alun Utara.

Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai restoran yang menyajikan gudeg, makanan berbahan dasar nangka muda yang khas, dan biasanya disantap dengan beragam lauk pauk.

Rasanya yang manis dan renyah karena perpaduan bumbu areh membuat gudeg menjadi makanan favorit banyak orang, baik warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

2. Kya-Kya, Surabaya

Salah satu jajanan unik di sini adalah pia di Pia Victory Shop. Jajanan ini terkenal dengan tekstur kulitnya yang lembut dan isi yang manis, membuatnya menjadi favorit di antara pengunjung. Berada di kawasan yang ramai, toko ini tidak hanya menarik pelanggan dengan aroma harum pia yang menggoda, tetapi juga dengan rasa yang autentik dan konsistensi kualitas produknya yang telah terjaga selama bertahun-tahun.

3. Pasar Lama, Tangerang

Kawasan ini merupakan salah satu yang tersibuk di kota Tangerang dengan daya tarik kuliner yang unik. Menyuguhkan pengalaman kuliner yang autentik, tempat ini menjadi destinasi favorit untuk menikmati makanan lezat sambil menikmati suasana tradisional kota Tangerang.

4. Suryakencana, Bogor

Berlokasi di Jalan Suryakencana, tempat ini menawarkan beragam tempat kuliner yang sudah berdiri puluhan tahun. Salah satu yang melegenda adalah lumpia basah yang sudah ada sejak tahun 1972. Dibandingkan dengan lumpia Semarang, perbedaannya terletak pada isinya, termasuk bengkuang cincang, tauge, tahu, ebi giling, dan telur.

Secara historis, lumpia basah Bogor ini memiliki rasa yang khas dan unik, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi pengunjung setia. Terletak di pusat kota, tempat ini juga menawarkan suasana yang nyaman dan tradisional, cocok untuk menikmati sajian lumpia basah sambil menikmati suasana Bogor yang tenang.

5. Pantai Losari, Makassar

Setelah pindah ke Indonesia bagian tengah, Pantai Losari di Makassar menawarkan berbagai cita rasa lezat melalui makanan khasnya seperti coto Makassar dan pisang epe. Makanan ini mencerminkan kekayaan budaya kuliner Makassar yang terkenal. Masakan khas Makassar memadukan ketupat, babat sapi, dan kuah kaldu yang lembut dengan cita rasa otentik.

Menggambarkan warisan kuliner yang terjaga dalam tradisi lokal Pantai Losari bukan hanya destinasi wisata populer untuk menikmati pemandangan laut yang menakjubkan, tetapi juga tempat di mana pengunjung dapat merasakan kelezatan kuliner yang autentik dari Makassar.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
agen toto laetoto/